ILMU

Bismillahirohmanirohiim
Assalamualaikum, wr, wb.

Bagi orang yang berilmu Allah akan menaikkan derajatnya, Kejarlah ilmu sampai ke negeri Cina, Gapailah ilmu dari buaian sampai ke liang lahat. Itulah pribahasa yang sering kita dengar. Betapa pentingnya ilmu bagi seseorang, betapa mulianya orang yang sedang berjihad untuk mencari ilmu, yang pasti adalah ilmu yang bermanfaat. Demikian juga almarhumah ibunda saya, sewaktu hidupnya selalu berkata, bahwa beliau tidak dapat meninggalkan harta apa-apa di dunia ini, kecuali anak-anak nya yang terus bersemangat untuk menuntut ilmu. Menuntut ilmu itu wajib bagi seorang Muslim.

Ilmu adalah kunci segala kebaikan. Ilmu merupakan sarana untuk melaksanakan apa yang Allah wajibkan kepada kita. Tak sempurna keimanan dan amal seseorang, jika ilmu tersebut tidak diamalkan. Dengan ilmu Allah disembah, dengannya hak Allah ditunaikan, dan dengan ilmu pula agama Allah disebarkan

Kebutuhan akan ilmu melebihi kebutuhan kita akan minum dan makanan, Mengapa? Karena kelestarian urusan agama dan dunia tergantung pada ilmu, sedangkan kebutuhan makan dan minum manusia hanya membutuhkan dua atau tiga kali sehari, sedangkan ilmu diperlukan setiap waktu.

Maka dari itu dengan ilmu akan memiliki banyak keutamaan, antara lain :

1. Ilmu adalah amalan yang tidak terputus pahalanya, sebagaimana dalam hadist (HR. Bukhori dan Muslim ) : " Jika manusia meninggal maka terputuslah amalnya, kecuali tiga perkara : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak yang sholeh yang mendoakan kedua orang tuanya. "

2. Menjadi saksi terhadap kebenaran, sebagaimana firman Allah SWT ( QS. Ali Imran ; 18) : Allah menyatakan bahwasanya tidak ada ilah yang berhak disembah kecuali dia. Yang menegakkan keadilan, para malaikat dan orang berilmu ( juga menyatakan demikian )).

3. Allah memerintahkan kepada nabinya Muhammad SAW untuk meminta ditambahkan ilmu sebagaimana dalam firman Allah SWT ( QS. Thahaa ; 14) : ... dan katakanlah : Ya Rabb ku, tambahkanlah kepadaku ilmu.

4. Allah mengangkat derajat orang yang berilmu. Sebagaimana firman Allah SWT ( QS. Mujadilah ; 11) : Allah mengangkat orang beriman dan memiliki ilmu diantara kalian beberapa derjat dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.

5. Orang yang berilmu adalah orang yang takut Allah SWT, sebagaimana dalam firman Allah SWT ( QS. Fathir ; 25) : .... sesungguhnya yang takut kepada Allah diantara hambanya hanyalah orang-orang yang berilmu.

6. Ilmu adalah anugerah Allah yang sangat besar, sebagaimana firman Allah SWT ( QS. Al Baqarah ; 269 ) ; Allah menganugerahkan al-hikmah (kefahaman yang dalam tentang Al-Quran dan As-Sunnah) kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barang siapa yang dianugerahi hikmah, ia benar-benar telah dianugerahi karunia yang banyak. Dan hanya orang-orang yang berakallah yang dapat mengambil pelajaran.

7. Ilmu merupakan tanda kebaikan Allah kepada seseorang, Dalam (HR. Bukhori dan Muslim) : "Barang siapa yang Allah menghendaki kebaikan padanya, maka Allah akan membuat dia paham dalam agama."

8. Menuntut ilmu merupakan jalan menuju surga, Dalam (HR. Muslim) : " Barang siapa yang menempuh suatu jalan dalam rangka menuntut ilmu maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga."

9. Diperbolehkannya "iri / hasad" kepada ahli ilmu. Dalam (HR. Bukhori) : " Tidaklak hasad kecuali dalam dua hal, yaitu terhadap orang yang Allah beri harta dan ia menggunakannya dalam kebenaran dan orang yang Allah beri hikmah lalu ia mengamalkannya dan mengajarkannya."

Demikianlah,  keutamaan sebuah ilmu. Lantas Bagimana dengan 24 jam yang kita lalui setiap hari selama sepekan, sebulan, dan sepanjang tahun di tengah kenikmatan yang Allah berikan di saat ini begitu mudah dalam menuntu ilmu, adakah kerinduan dan keridhoan kita serta kepedulian kita ?


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Merdekanya Mereka Merdekanya Kita